Pemasangan Pipa

Penentuan Dimensi Pipa Air Bersih

Penentuan Dimensi Pipa Air Bersih – Kita ketahui semakin kecil pipa dan semakin panjang, hambatannya semakin besar. Hambatan ini juga tergantung dari bahan apa pipa tersebut dibuat.

Umur dari bahan pun akan menentukan besar kecilnya hambatan, misalnya ; Pipa galvanis yang baru hambatannya lebih kecil daripada pipa yang sama tetapi telah dipakai 5 tahun. Pipa distribusi yang berbelok-belok akan mempunyai hambatan yang lebih besar dari pada pipa hantar yang lurus, oleh karena itu dalam merencanakan suatu instalasi air bersih di dalam rumah hindari lah sedekat mungkin belokan-belokan, banyak cabang, pergunakan fitting serta ketepatan di dalam menentukan ukuran diameter pipa dari jenis pipa yang akan digunakan.

Hal tersebut diatas sangat penting sekali untuk mendapatkan aliran air untuk setiap peralatan plumbing di dalam gedung seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu kita harus menghitung dengan tepat diameter dari pipa tersebut.

Langkah menentukan diameter pipa :

  • Tentukanlah jenis pipa.
  • Tekanan air pada pipa induk.
  • Lihat gambar denah bangunan.
  • Gambar rencana instalasi berdasarkan denah bangunan.
  • Menentukan unit beban alat plumbing dan menjumlahkannya semua.
  • Melihat tabel dan grafik, maka dapat ditemukan diameter pipa dan kehilangan tekanan dalam bar setiap meter panjang pipa.
Penentuan Dimensi Pipa Air Bersih

Untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu alat plumbing yang dilayani dapat memberikan debit air yang ideal, maka perlu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, yaitu sifat pemakaian alat plambing secara normal, tekanan air antara 2,5 Atm sampai dengan 4 Atm dan kehilangan tekanan yang mungkin terjadi tidak melebihi 2,5 Atm.

Penentuan Dimensi Pipa Air Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *