artikel

Penyambungan Pipa HDPE

Penyambungan Pipa HDPE

Haloo Sobat Sinergy dimanapun anda berada, bertemu dengan kami lagi Tim Penulis yang sangat gemar berbagi mengenai plumbing/perpipaan. Kali ini akan kami bahas mengenai macam-macam penyambungan pipa HDPE beserta hidrotestnya.

Baik langsung ke pembahasan ya guys, berikut metode penyambungan pipa HDPE simak baik-baik.

Metode Penyambungan Pipa HDPE

1. PENYAMBUNGAN BUTT FUSION

Jenis-jenis penyambungan HDPE yang pertama adalah Butt Fusion yakni penyambungan dengan mengunakan mesin butt fusion dimana pemanasan secara bersama di kedua ujung pipa yang akan disambung sampai kondisi leleh tercapai pada kedua ujungnya.

Kemudian kedua pipa tersebut di push secara bersamaan untuk menghasilkan sambungan yang baik agar tidak ada kebocoran pada sambungan.


Lalu kedua ujung pipa digabung pada tekanan tertentu. Penyambungan ini menghasilkan bead, dimana untuk diameter yang berbeda menghasilkan bead yang berbeda pula (bila mengikuti standar).

Bila digunakan pada pipeline penyambungan hdpe lauh lebih cepat dan untuk kerusakan normal diperkirakan 50 tahun kemudian.

penyambungan hdpe butt fision
Mesin Butt Fusion

2. Penyambungan Electro Fusion

Jenis penyambungan yang kedua adalah Electro Fusion yakni penyambungan dengan mengunakan mesin elektro fusion, dimana coupler yang disambungkan pada pipa dipanaskan sehingga elemen yang ada didalamnya menjadi panas, membuat pipa dan fitting yang dipanaskan tersebut menjadi senyawa.


Pengaturan temperature yang dibutuhkan pada penyambungan mesin electro fusion mengunakan barcode, dimana sensor yang ada pada mesin tersebut dapat membaca suhu sekitar.

Sehingga dapat mengatur berapa suhu yg dibutuhkan untuk melelehkan elemen yang ada di fitting tersebut, namun inspeksi pada mesin ini harus benar‐benar diperhatikan karena begitu sensitivenya sensor pada mesin ini.

penyambungan hdpe electro fusion
Mesin electtro fusion
penyambungan hdpe electro fusion
Coupler

3. Penyambungan Stub Flange

Jenis-jenis penyambungan yang ketiga adalah Stub Flange yakni penyambungan dengan stub flange (flang to flange) atau bisa disebut juga stub end backing ring.


Penyambungannyapun dengan menggunakan butt fusion namun bedanya flange to flange biasanya digunakan untuk maintenance, pada tengah sambungan pipa ini disisipkan packing/gasket untuk mencegah kebocoran pada pipa tersebut.

stub flange hdpe

Untuk penyambungan flange to flange antara pipa steel dan pipa HPDE biasanya harus disesuaikan karena penentuan diameter pada pipa steel adalah Outside Diameter (OD) sedangkan pada Pipa HDPE Inside Diameter (ID) maka untuk dimeter yang sama HDPE OD nya lebih besar.

4. Penyambungan Compression Fitting

Yaitu penyambungan tanpa mengunakan pemanasan pada pipa sama sekali, penyambungan ini dengan cara memasukkan locking nut dan bodi pada masing‐masing ujung pipa dimana cairan yang mengalir tidak bocor karena tertahan oleh O ring (karet cincin).


Diameter maksimal sementara untuk fitting ini ± 63 mm.

compression fitting

5. Penyambungan Mechanical

Yaitu penyambungan tanpa menggunakan pemanasan pada pipa sama sekali. Cara menyambungan jenis ini dengan sistem pembautan.

penyambungan mechanical
Pemasangan Dengan Sistem Mechanical
fitting mechanical
Mechanical Fitting


Dari semua jenis penyambungan tersebut, rata‐rata welder hdpe lebih percaya pada penyambungan dengan cara butt fusion kecil kemungkinan kebocorannya, karena hasil penyambungan tersebut lebih terlihat hasilnya.

Parameter Butt Fusion (Prosedur Penyambungan dengan menggunakan mesin butt fusion)

tabel butt fusion

Sebelum melakukan penyambungan periksalah terlebih dahulu kondisi pipa HDPE tersebut,

bila ada pipa mengalami sayatan ±10 % dari ketebalan pipa maka pipa tersebut tidak layak untuk digunakan.

Bersihkan pipa dari kotoran debu atau kotoran yang berada pada masing‐masing ujung pipa (pipa yang akan disambung, biasanya dilap sedalam perlenggangan tangan).


Pada bagian ujung pipa tersebut dilap dengan mengunakan alcohol 70%, ini dimaksudkan agar pada ujung pipa tersebut benar‐benar kering pada saat heater menempel pada ujung pipa yang akan disambung tersebut.

Panas pada heater dapat dilihat pada thermometer yg berada pada mesin atau dapat menggunakan thermo gun.

Parameter ini harus digunakan sebagai pembimbing ke butt fusion dari pipa polyethylene yang menggunakan SNI 06‐ 4829‐2005 sebagai bahan dasarnya.

Kontraktor yang melakukan penyambungan harus selalu memeriksa kemungkinan penerapannya dari parameter yang ada untuk setiap proyek yang diberikan.


Parameter ini juga lah yang menjadi acuan berapa jumlah joint yang didapat dalam 1 hari kerja sehingga dapat diperhitungkan kemungkinan berapa lama perkerjaan penyambungan dapat diselesaikan.

Catatan :

1. Parameter ini digunakan untuk butt fusion bahan polyethylene PE100 (100% HDPE bila PE80 adalah HDPE campuran,MDPE) seperti yang dispesifikasikan dalam SNI 06‐4829‐2005.

2. Parameter ini bisa juga digunakan untuk butt fusion PE100. Ini mungkin menghasilkan sedikit perbedaan bentuk lelehan tanpa mengurangi kualitas pengelasan.

3. Hanya pipa‐pipa dan fitting‐fitting yang mempunyai diameter dan ketebalan yang sama yang boleh dibutt fusion bersama.

4. † = rata‐rata ketebalan dinding pipa dihitung dari SNI 06‐4829‐2005 min/max pembulatan ke mm terdekat.

5. D = rata‐rata diameter luar pipa dihitung dari SNI 06‐4829‐2005 min/max, pembulatan ke mm terdekat.

6. Rumus perhitungan tekanan : Luas anulus pipa / bag. Cilinder x nilai tekanan Hidrolik

7. Dimana luas anulus pipa = µ (D – †)†

4. Untuk suhu sekitar >25°C, waktu pendinginan harus ditambah dengan 1 menit per°C setelah 25°C ke atas.

HIDROTEST PIPA HDPE

a. Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengetesan

Sebelum pengetesan, instalasi harus dicek untuk memastikan semua kotoran dan bahan‐bahan konstruksi dipindahkan untuk menghindari kontak dengan pipa‐pipa dan fitting‐fitting.

Semua valve harus ditempatkan pada posisi terbuka dan penempatan valve pada ujung pipa untuk mengeluarkan udara dari jalur pipa selama pengisian berlangsung.

b. Test Tekanan HDPE

Yang mengacu pada ASME B31.3, Chemical Plant and Petroleum Refinery Piping. Air harus perlahan dialirkan ke jalur pipa sampai semua udara dikeluarkan dari jalur dan air mengalir dengan bebas pada ujung pipa.

Lebih baik jika air dialirkan ke jalur pipa dari titik terendah untuk memudahkan pengeluaran udara. Tekanan harus dinaikkan terus‐menerus secara bertahap ke jalur pipa tanpa dikagetkan.

Lanjutan…

Cara mudahnya mengetahui tekanan yang sudah didesain pabrik adalah maksimum tekanan yang diijinkan dikali 1.3, dan tekanan yg dipakai hanya 110% dari tekanan yang diijinkan, selama mengikuti parameter yang sudah diijinkan hasil pengetesan sambungan tidak akan ada masalah.

Test tekanan pada situasi ini harus ditahan minimal 15 menit dan alat pencatat tekanan diperiksa jika terjadi penurunan tekanan. Selanjutnya, sambungan harus benar‐benar diinspeksi secara visual untuk kemungkinan terjadinya kebocoran pada sambungan.

Lanjutan…

Sifat elastis dari PE seperti yang diuraikan pada test tekanan, bisa menyebabkan pengembangan pada pipa dan volume perlu sedikit ditambah untuk mendapatkan bacaan tekanan yang tepat.

Penambahan volume ini hanya 1 % dan dapat diterapkan pada tekanan awal dan tekanan tersebut harus ditahan pada periode maksimum selama 1 jam atau untuk waktu yang diperlukan untuk mengadakan inspeksi di seluruh sambungan.

Sedikit penurunan tekanan lebih kecil dapat terjadi yang disebabkan oleh pemuaian pipa, walaupun demikian hal ini tidak mengindikasikan kebocoran pada jalur pipa.

PT Lintas Sinergy Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, meliputi :

Plumbing Division, Penjualan dan Pemasangan Pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP

Machinery Division, Meliputi penjualan mesin produksi, pengemas hingga penyimpanan

Electrical Division, Meliputi pemasangan cctv, jasa pembuatan website, pemasangan lighting bangunan

General Contractor, Meliputi jasa bangun, renovasi, perawatan gedung dan sebagainnya.

Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan dan pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda di SELURUH INDONESIA.

Segera hubungi kami untuk berkonsultasi dengan kami
0317505289 / 082111433455

Penyambungan dan Hidrotest Pipa HDPE

3 thoughts on “Penyambungan Pipa HDPE

  1. “ PRESSURE PRO” sebagai sebuah model, yang sangat sesuai dengan kebutuhan customer ( customized ) . Dimana kegunaan dari alat kami yaitu PRESSURE PRO sebagai berikut :
    Steel Blasting
    Reverse Osmosis
    Car Wash
    Tube Cleaning
    Cleaning Coolling Tower
    Boiler Maintenance
    Tank Cleaner
    Hydro Test
    Pipe cleaning
    Etc
    Dengan ini, kami bermaksud untuk menjalin kerjasama dalam hal pengadaan alat-alat teknik dan kami berterima kasih bapak bisa meluangkan waktunya untuk mengenal kami sebagai salah satu supplier dari beberapa supplier lain yang telah ada.
    Kami selalu berusaha sebaik mungkin untuk dapat memperkenalkan diri dan melayani serta mensupply kebutuhan pihak perusahaan bapak baik dari segi :
    Kwalitas, Ready Stock, Time Delivery, Personal, Supporting, Product Waranty, dll.
    Dalam rangka peningkatan personal dan supporting, kami menawarkan diri untuk dapat melayani dan mensupply langsung kebutuhan akan produk– produk pompa yang berupa :
    Distributor HAWK PUMP dan PRATISSOLI PUMP.
    Info 081373427109

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *