Tes Tekan Instalasi Pipa Air Bersih

Bagaimana dengan instalasi pipa air bersih yg ada di dalam ruangan ?

Tes Tekan Instalasi Pipa Air Bersih – Pengetesan untuk instalasi pipa juga harus dilakukan karena, jika kebocoran baru diketahui setelah bangunan jadi, akan menyusahkan untuk perbaikannya.

Pengetesa Pipa hampir sama dengan tes beton, tes instalasi pipa saluran air bersih dilakukan dengan memberi tekanan air pada pipa, misalnya 10 bar.

Semua pipa yang nantinya sebagai outlet ditutup terlebih dahulu kecuali 1 pipa sebagai tempat memasukkan air. Setelah pipa yang akan di tes terisi air, kemudian disambungkan dengan alat  berupa pompa yang juga tersambung dengan alat pengukur tekanannya. Air dipompakan sedikit demi sedikit sampai tekanan yang diinginkan, kemudian dikunci pada tekanan tersebut.

Berselang sehari, tekanan yang tertera pada alat ukur dibaca. Apabila tekanan berkurang, berarti ada kebocoran. Jadi tinggal dicari dimanakah bocornya untuk kemudian diperbaiki.

Menguji Kebocoran Pipa

Setelah pemasanganan instalasi, baiknya kita harus megecek apakah ada kebocoran pada pipa tersebut atau tidak. Kebanyakan kontraktor kerap kali mengeluh dengan pengecekan yang harus ia lakukan jika pemasangan pipa berada pada daerah terpencil karena keterbatasan alat.

Mudah saja jika kita membutuhkan alatnya, bisa dibuat sendiri (bagi kontraktor yang terdapat unit alat pengetes kebocoran pipa tentu ada nilai plus tersendiri). Berikut alat yang diperlukan:

  1. Tangki sesuai kebutuhan kita, 2 m3 juga sudah cukup, sehingga fleksible dapat dibawa kemana-mana menggunakan mobil pick-up.
  2. Kompressor ukuran kecil, ini biasa dipakai oleh jasa perawatan AC
  3. Pengukur tekanan, dapat diperoleh dengan mudah di toko alat ukur, setidaknya yang 10 bar (kg/cm2) itu mencukupi.
  4. Kunci pas, ember, Kunci inggris, dan juga penghitung waktu.

Anda harus melakukan dua hal pada pengujian ini yakni uji tekanan, serta uji kebocoran itu sendiri, kedua hal tersebut dapat dilakukan secara bersamaan ataupun terpisah. Sebelum melakukan test juga ada syarat yang wajib dipenuhi yaitu:

  1. Sebelum pengetasan Pastikan seluruh katub (valve), sambungan (joint) telah terpasang pada trhust blok yang sudah sudah lebih dari 7 hari.
  2. Kemdian pastikan semua katub (valve), sumbat, dalam kondisi tertutup.
  3. Setelah itu lakukan pengujian dengan panjang maksimal 500 meter, jadi tidak secara keseluruhan, lakukanlah perbagian.
  4. Selanjutnya Bilas terlebih dahulu pipa yang akan diuji setelah itu isilah dengan air secara perlahan supaya tidak terdapat udara didalamnya.
  5. Pengetesan akan lebih mudah jika pipa tidak diurug terlebih dahulu, karena kita akan dapat melihat dimana sumber kebocoran pipa tersebut.

Prinsip dari pengujian ini adalah :

  1. Menguji tekanan : tekanan yang dapat diterima oleh jaringan pipa sebesar 1.5 kali besarnya tekanan kerja, atau lebih besar lagi, namun disarankan untuk tidak melebihi tekanan yang diijinkan untuk katub/ kitz valve, dan dilakukan dengan waktu minimal 2 jam.
  2. Uji Kebocoran : seharusnya pipa yang lolos dalam pengujian ini adalah yang tidak mengalami kebocoran sama sekali, tetapi atas pertimbangan pipa baru, air mengisi sela-sela asesoris, dls, maka ditetapkan kriteria kebocoran yaitu : banyaknya air yang ditambahkan ke dalam jaringan perpipaan selama dilakukan test (biasanya dalam satu jam).

1. METODE KERJA PELAKSANAAN PEKERJAAN TES RENDAM PIPA PVC

TESTING DAN COMMISSIONING

I. TES RENDAM

Tujuan “Tes Rendam” adalah untuk mengetahui adanya kebocoran dalam pipa PVC sebelum pelaksanaan pekerjaan dilakukan. Pengujian ini dilaksanakan sesuai dengan ASME B31.1 Chapter VI.

II. PEKERJAAN PERSIAPAN

  • Pengujian dilaksanakan pada pipa PVC bagian dari instalasi atau seluruh rangkain pipa PVC sebelum pekerjaan dilaksanakan.
  • Sambungan-sambungan pipa PVC harus dalam keadaan ter “exposed”, diisolasi sampai pekerjaan pengujian (test) selesai dikerjakan.
  • Peralatan test seperti selang air dan peralatan lainnya yang dibutuhkan perlu dipersiapkan.
  • Setiap ujung dari rangkaian pipa yang akan ditest harus ditutup dan semua peralatan yang tidak ada kaitannya dengan proses pengujian harus diisolir.

III. INSPEKSI VISUAL

Sebelum pengetesan instalasi pipa PVC dimulai perlu diadakan inspeksi secara visual yang dihadiri oleh pemberi kerja, engineer atau konsultan dan kontraktor, untuk memeriksa bahwa instalasi pipa tidak ada yang rusak dan semua sambungan kuat.

IV PELAKSANAAN TES RENDAM

  • Media cairan yang digunakan untuk pengetesan adalah air.
  • Setelah proses pengetesan berlangsung selama 10 menit, dilaksanakan pemeriksaan terhadap semua sambungan yang dihadiri oleh wakil dari pemberi tugas, engineer atau konsultan dan kontraktor. Apabila tidak ada kerusakan dan kebocoran, maka pengetesan dapat diakhiri.

2. COMPLETION

Setelah pengetesan terhadap rangkaian instalasi pipa selesai, maka air didalam system instalasi pipa dikeluarkan dan dikeringkan (di drain) .

3. SAFETY – SECURITY

  • Selama pengetesan dilaksanakan pada sistem yang harus diperhatikan terhadap safety pelaksanaan pekerjaan.
  • Operator dan orang-orang yang terlibat dalam pengujian harus memiliki pengalaman yang cukup dalam pekerjaan pipa dan telah biasa dalam pengetesan tersebut 
  • Selama pengetesan berlangsung, daerah yang sedang dilakukan pengetesan akan ditutup dan hanya orang-orang yang memiliki otoritas atau yang bertugas yang diijinkan masuk ke daerah tersebut

Tes Tekan Instalasi Pipa Air Bersih

uji tekan pada instalasi pipa
Pemasangan Pipa PPR

PT Lintas Sinergy Mandiri perusahaan bergerak dibidang

1. Plumbing Division (Penjualan dan Pemasangan Pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP)

2. Machinery Division

3. Electrical Division

4. General Contractor.


Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan dan pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda di SELURUH INDONESIA.

Tes Tekan Instalasi Pipa Air Bersih

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kantor kami di :
031 7505289 / 082 1111 09929


FAQ

Apa saja prinsip pengujian pipa?

Menguji tekanan dan menguji kebocoran

Alat apa saja untuk menguji kebocoran pipa?

Tangki sesuai kebutuhan kita, kompressor ukuran kecil, pengukur tekanan, kunci pas, ember, kKunci inggris, dan juga penghitung waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.